Hal-hal kecil yang berdampak besar

Kebiasaan-kebiasaan kecil dibawah ini, meskipun kelihatannya sepele saja, ternyata bisa membawa dampak besar bagi kesehatan tubuh kita. mau tau apa aja?

Breakfast is a must

setelah semalaman kita tidur, gula darah pasti turun. klo paginya engga diisi, energi jadi engga maksimal. hasilnya badan lesu, gak bergairah, dan otak jadi malas kerja. so, jadikan sarapan adalah kebiasaan kita.

Tea time!

teh melindungi tubuh dari unsur radikal bebas yang bersifat merusak. teh mengandung anti oksidan yang kaya flavonoid. zat ini berperan penting melawan beberapa sel kanker dan penyakit jantung.

Let’s Move!

lebih baik dibilang pecicilan engga bisa diem daripada mojok diem di meja kerja. bergerak penting untuk tubuh. melatih tulang lebih kuat, membakar kalori, dan baik untuk jantung. juga membuat otot-otot kita jadi lentur jadi engga gampang pegal-pegal dan masuk angin.

Jump! Jump!

lompat-lompat ditempat bisa memperpadat tulang, dan mengurangi resiko tulang rapuh. tumbukan berulang-ulang merangsang pertumbuhan tulang baru dan menyebabkan urat yang menempel menarik tulang hingga makin padat.

Sleep

perhatikan jam tidur kita. kurang tidur membuat tubuh tidak maksimal memanfaatkan insulin yang bekerja untuk membakar glukosa. akibatnya glukosa bertumpuk menjadi lemak. udah badan lesu, jadi gemuk pula. oh no!

Apple mania

apel memiliki zat antioksidan yang paling ampuh untuk memaksimalkan kesehatan paru-paru.  apel juga mengandung pectin, zat yang membebaskan racun dari sistem pencernaan. engga lupa kan slogan terkenal itu? an apple a day keep doctor away!

Wash your hand

tau engga, mikroorganisme yang menyebabkan flu, ada di setiap jengkal permukaan tubuh kita. sedang kita sering engga sadar menyentuh hidung dan mata. makanya, sering-seringlah cuci tangan.

C

sering nongkrong di depan komputer sampai berjam-jam? sepertinya kamu butuh vitamin C lebih banyak. vitamin ini menjaga mata dan sel-selnya dari sinar ultra violet. vitamin C juga penting untuk memproduksi kolagen yang membuat kulit kita bersinar dan kenyal. sayangnya tubuh kita engga bisa nyimpen kelebihan vitamin C. kalau dalam sehari tubuh merasa vitamin C sudah mencukupi, sisanya dibuang melalui urine atau keringat. jadi, tiap hari harus rajin makan buah ya!

Stretching

perenggangan baik dilakukan dipagi hari, setelah bangun tidur. soalnya perenggangan akan membantu peredaran darah menjadi lancar, melemaskan persendian dan membantu melepas toksin-toksin dalam tubuh. stretching  atau perenggangan atau kita biasa nyebutnya ngulet, mendingan kita jadiin kebiasaan aja.

Too Salt to be true

kebanyakan mengkonsumsi garam bukan hanya bisa menyebabkan hipertensi. tapi juga menahan air didalam tubuh. jadi kalau kaki atau tangan sering bengkak, sepertinya sudah waktunya mengurangi garam.

Eat often

makan sering? gue banget! eit, bukan itu maksudnya. kalau kita punya mobilitas tinggi dan tau-tau pikiran suka hang, itu artinya kadar gula darah kamu engga stabil. nah, supaya kiriman gula darah ke otak engga naik turun kaya roller coaster, kita disarankan sering makan tapi dalam porsi kecil.

Drink up

air, semua orang juga tau, adalah nutrisi paling penting untuk tubuh. tapi sayangnya banyak diantara kita yang membiarkan tubuh kita dehidrasi. padahal banyak penyakit yang timbul kalau tubuh kita kekurangan air. seperti pusing, sakit punggung, bibir pecah-pecah dan kulit kering.

Relax

melakukan relaksasi selama 15 menit setiap hari, dapat mrnurunkan tekanan darah, melanjarkan pernafasan dan detak jantung. dan tentu saja sangat ampuh untuk menanggulang stress.

Change your style

posisi duduk didepan komputer yang tidak benar, bisa menyebabkan nyeri punggung, melemahkan otot, dan mengganggu keeimbangan tubuh. rubahlah dengan cara duduk yang benar. begitu juga kebiasaan membawa tas di bahu yang sama.  seimbangkan dengan memindahkan tas di bahu satunya lagi.

Friendly

kata para psikolog tersohor, bersikap ramah membuat kita mudah beradaptasi, memiliki banyak teman dan sering melakukan dialog. hal ini secara engga langsung meningkatkan kekebalan tubuh. sering tesenyum dan bercanda juga akan mengubah suasana hati menjadi lebih baik  sehingga berdampak baik pada pekerjaan dan kesehatan kita.

Tinggalkan komentar