Arthristis Rheumatoid, apa itu?

304788-001.jpg

  • Sistem kekebalan tubuh merupakan bagian penting dari tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Pada sebagian orang, sistem kekebalan tubuh justru merusak jaringan sel yang seharusnya dilindungi, akhirnya timbulnya berbagai macam penyakit autoimun.

  • Salah satu penyakit autoimun yang masih belum banyak diketahui masyarakat adalah artritis rheumatoid. Penyakit ini ditandai dengan peradangan kronis, kekakuan dan pembengkakan dari sendi tangan dan kaki, disertai gejala-gejala sistemik, seperti kelelahan, anemia, dan depresi.

  • Arthritis rheumatoid terjadi karena sistem imum secara aktif melawan sel-sel sehat. Dalam sistem imum yang normal, diperlukan interleukin-6 (IL-6). Arthritis rheumatoid terjadi karena respon sistem imun berlebihan akibat jumlah IL-6 kebanyakan.

  • Arthritis rheumatoid harus segara diobati. Jika tidak, maka penderitanya berisiko cacat dan memiliki harapan hidup pendek.

  • Baru-baru ini, telah dikembangkan obat biologic (protein) untuk mengobati arthritis rheumatoid dan sudah mendapat persetujuan BPOM, yakni Tocilizumab. Obat ini diharapkan menjadi alternatif pengobatan bagi penderita arthritis rheumatoid.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s