Leukoplakia, apa itu?

leukoplakia

  • Saat menyikat gigi, dianjurkan mengecek juga daerah rongga mulut. Misalnya, mukosa pipi dan lidah. Lihat, adakah bercak putih di sana. Jika ada, bersihkan bercak putih itu dengan alat pembersih lidah. Namun, bila bercak putih itu tak kunjung hilang meski sudah dikerok berulangulang, disarankan segera memeriksakan gigi ke dokter. Sebab, ada kemungkinan itu adalah gejala leukoplakia, sejenis lesi yang bisa mengarah ke keganasan.
  • Ada dua jenis leukoplakia. Yakni, hemogenous dan nonhemogenous.
  • Ciri-ciri leukoplakia hemogenous adalah bercak putih datar halus dengan batas tidak jelas dan permukaan bergelombang.
  • Sedangkan leukoplakia nonhemogenous berbentuk tak beraturan dan terasa ada penebalan. Saat disentuh dengan lidah, terasa ada bentukan yang tebalnya tidak sama.
  • Ada beberapa faktor yang diduga bisa menjadi pencetus leukoplakia. Misalnya, kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau, infeksi jamur candida albicans, serangan human papilloma virus (HPV), serta virus epstein barr.
  • Penyakit itu sering ”terlupakan” karena tidak memunculkan gejala spesifik. Pasien leukoplakia umumnya tidak mengeluh sakit atau nyeri. Ada kalanya bercak putih di lapisan dinding mulut itu sangat sensitif terhadap rangsangan sentuh, makanan pedas, dan makanan panas. Akhirnya, muncul gejala mirip sakit gigi.
  • Dalam stadium awal, leukoplakia bisa disembuhkan dengan terapi untuk menghilangkan seluruh iritasi di sekitar rongga mulut. Biasanya obat antijamur diberikan terus-menerus selama satu sampai dua minggu.
  • Namun, jika bercak putih sudah meluas, akan dilakukan pengangkatan lesi tersebut melalui pembedahan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s