Kusta, apa itu?

kusta

  • Kusta atau Morbus Hansen atau yang juga populer disebut lepra adalah penyakit infeksi kronik yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae. Penyakit ini menyerang saraf tepi, kulit, mukosa mulut, saluran napas bagian atas, mata, otot, tulang dan testis.
  • Cara penularannya adalah melalui saluran nafas dan melalui kulit yang lecet pada bagian tubuh yang bersuhu dingin, misalnya cuping telinga, ujung hidung. Sumber penularannya adalah penderita kusta tipe multibasiler yang tidak mendapatkan terapi.
  • Sumber penularan ialah penderita kusta multibasiler yang tidak mendapatkan pengobatan. Kontak dengan penderita kusta multibasiler ini haruslah erat dan lama (misalnya; antara ibu dan anak, orang satu rumah). Bila penderita kusta tipe multibasiler berobat secara teratur, maka dia tidak akan menularkan kusta.
  • Kuman kusta dapat hidup di luar tubuh manusia selama 1 – 9 hari hanya bila suhu dan lingkungan mendukung. Hanya kuman kusta yang utuh saja yang dapat menimbulkan penularan.
  • Sekitar 95% populasi manusia punya kekebalan alamiah terhadap kuman kusta. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 orang yang terpapar kusta; 95 orang tidak menjadi sakit, 3 orang tertular namun sembuh sendiri tanpa obat, dan hanya 2 orang yang menjadi sakit dan hal ini belum memperhitungkan pengaruh deteksi dini dan pengobatan. (Pedoman Pemberantasan Penyakit Kusta, Depkes RI; Dit Jen Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan)
  • Kita sebagai masyarakat bisa mendukung dengan meningkatkan pemahaman kita terhadap penyakit kusta sehingga kita tidak memberikan stigma buruk terhadap penderita kusta. Bagaimanapun, kusta adalah penyakit infeksi bakteri yang bila semakin cepat didiagnosis dan diterapi maka penyakit ini bisa disembuhkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s