Fobia badut, apa itu?

  • Terkadang, orang yang takut akan badut ditertawakan. Tapi itu tidak boleh dilakukan, karena takut atau fobia badut bisa jadi masalah serius.Orang yang takut badut akan mengalami serangan panik karena mereka melihat badut seperti sosok raksasa yang akan menerkamnya dengan kaki raksasa dan wajah menakutkan. Sementara, buat orang lain badut seperti boneka lucu.
  • Ketakutan irasional pada badut dikenal sebagai coulrophobia. Istilah ini berasal dari bahasa Yunani Kuno, koulon yang berarti orang yang berjalan di atas panggung.
  • Gejala yang muncul dari coulrophobia ini berkeringat, mual, rasa takut, jantung berdetak lebih cepat, menangis atau berteriak, dan marah jika ada badut di dekatnya.
  • Rami Nader, psikolog dan direktur North Shore Stress and Anxiety Clinic di Vancouver Utara mengatakan, takut badut dipicu karena seseorang tidak bisa mengetahui secara nyata siapa di balik topeng badut.
  • Orang yang punya rasa takut berlebihan atau fobia badut tidak boleh ditertawakan atau bahkan dipaksa untuk berani dengan badut. Ini bisa menyebabkan trauma pribadi lebih dalam. Jika kondisi ini dibiarkan terus, bisa menyebabkan masalah atau gangguan mental yang lebih serius yang memerlukan pengobatan dari ahlinya untuk mengatasi fobia.
  • Nader mengungkapkan bagaimana mengatasi fobia badut seperti fobia lainnya, secara bertahap harus diketahui mengapa orang takut badut. Setelah itu mulai diajarkan bagaimana mengatasi kecemasan dan belajar mengenali apa yang dikhawatirkan tidak benar-benar berbahaya. Jika berhasil, maka Anda tidak akan kehilangan kontrol, dan mampu mengatasi kecemasan serta tidak akan pernah lagi mempermalukan diri di depan umum.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s