Yang perlu dihindari agar kekebalan tubuh tidak drop

bahagia

Sistem kekebalan tubuh yang baik bisa menghindari orang dari berbagai penyakit. Untuk itu hindari kebiasaan berikut ini agar sistem kekebalan tubuh tidak memburuk. Menjaga tubuh tetap sehat tidak hanya menggunakan pembersih tangan dan menghindari orang yang sakit, karena ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa memperburuk kekebalan tubuh sehingga mudah terkena penyakit.

Sering merasa lelah
Kelelahan yang dialami akibat terlalu banyak pekerjaan atau kurang tidur bisa merugikan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan jumlah sel-sel pembunuh yang berfungsi melawan kuman.

Memiliki suasana hati yang buruk
Suasana hati dapat mempengaruhi kekebalan tubuh yang dimiliki, jika sering bertengkar dengan pasangan, memiliki suasana hati yang berubah-ubah dan menyimpan masalah bisa membuat sel-sel pembunuh T menjadi kurang aktif sehingga kekebalan tubuh akan berkurang.

Terus menerus merasa stres
Stres setiap hari akibat pekerjaan atau hubungan dengan orang lain bisa mempengaruhi imunitas. Periode stres yang ekstrem bisa mengakibatkan jumlah sel pembunuh alami menurun, sel T lebih lamban bekerja dan aktivitas makrofag berkurang yang membuat orang lebih mudah sakit.

Tidak pernah berolahraga
Orang yang tidak pernah olahraga atau tidak aktif akan memicu terjadinya kelebihan berat badan yang nantinya berdampak terhadap penurunan sistem kekebalan tubuh dalam melawan kuman serta penyakit.

Memiliki teman yang perokok
Rokok tidak hanya merugikan orang yang mengonsumsi tapi juga orang-orang disekitarnya karena asap dari rokok tetap mengandung racun dan masuk ke dalam tubuh. Asap rokok bisa memicu infeksi saluran pernapasan, serangan asma, memperburuk alergi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Selalu mengonsumsi antibiotik
Antibiotik adalah obat yang butuh resep dokter, jika dikonsumsi sembarangan maka akan membuat penyakit resisten dan infeksi yang lebih serius. Studi menemukan pasien yang sering minum antibiotik tertentu bisa mengurangi tingkat sitokin yaitu hormon utusan dari sistem kekebalan tubuh.

Terlalu serius
Peneliti menemukan emosi positif bisa menurunkan hormon stres dan meningkatkan sel-sel kekebalan tertentu, tapi jika seseorang terlalu serius dan jarang tertawa bisa memicu hormon stres yang mempengaruhi imunitas.

sumber : detikhealth.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s