Tree Tea Oil, apa khasiatnya?

tree tea

  • TEA tree oil atau melaleuca oil banyak digunakan dalam produk kecantikan karena khasiatnya yang ampuh.
  • Tanaman ini belum banyak diketahui sampai 60 tahun lalu, setelah digunakan suku Bundjalung dari Australia bagian timur yang memakainya sebagai bahan racikan obat herbal.Suku Bundjalung kerap menggunakan tea tree oil untuk meredakan batuk dan demam, serta mencegah infeksi pada luka di kulit.
  • Tea tree oil mengandung antiseptik, antibakteri dan pembasmi jamur. Begitu juga untuk bahan pembuatan obat jerawat yang mampu membuat jerawat mengering dan terhindar dari infeksi.
  • Namun hati-hati, tea tree oil dapat menyebabkan keracunan jika ditelan. Berikut beberapa khasiat dari tanaman tea tree oil.

Membasmi jerawat

  • Permasalahan kulit seperti jerawat dapat ditangani hanya dengan beberapa tetes tea tree oil atau produk kecantikan yang mengandung sari tanaman ini. Jerawat akan lebih cepat mengering dan tidak meninggalkan bekas.

Menghilangkan jamur

  • Hampir segala jenis jamur di tubuh dapat diatasi dengan tea tree oil, salah satunya jamur di jari kaki. Tea tree oil juga mencegah terjadinya infeksi yang timbul akibat jamur.

Mengatasi ketombe

  • Bagi Anda yang memiliki masalah dengan ketombe, gunakan shampoo yang mengandung tea tree oil secara teratur. Selain menghilangkan ketombe, tea tree oil juga dapat mencegah kekeringan dan menjaga kelembaban alami di kulit kepala.

Mencegah bau mulut

  • Tea tree oil juga memiliki khasiat untuk kesehatan gigi dan gusi. Pasta gigi yang mengandung tea tree oil dapat mencegah bau mulut, sakit gigi, gusi ngilu, bahkan kanker tenggorokan. Jika Anda kesulitan mencari pasta gigi yang mengandung tea tree oil, gosokkan beberapa tetes minyak esensnya juga dapat memberi khasiat yang sama.

Menghilangkan bekas gigitan serangga

  • Bagi Anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan, tea tree oil atau gel dapat menghilangkan bekas gigitan nyamuk dan lebah, bahkan bekas terbakar matahari. Cukup oleskan ke permukaan kulit yang bermasalah sebanyak dua kali sehari.

Infeksi telinga

  • Infeksi telinga juga dapat diobati dengan tea tree oil. Teteskan ke atas korek kuping dan oleskan ke telinga untuk menyembuhkan infeksi.

Shampoo hewan

  • Tak hanya bermanfaat bagi manusia, tea tree oil juga dapat mempercantik hewan peliharaan. Shampoo hewan yang mengandung tea tree oil dapat membasmi kutu dan melembutkan bulu. Tapi hati-hati, jangan gunakan tea tree oil pada kucing karena dapat menyebabkan keracunan yang berujung pada kematian.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s