Tips menyimpan bumbu rempah kering

rempah kering

Bumbu daun dan rempah kering seperti basil, oregano, thyme, dan lain-lain memang tak umum digunakan dalam masakan rumah sehari-hari. Namun, tak ada salahnya kalau Anda juga memilikinya di rumah. Siapa tahu Anda tergoda untuk memasak spaghetti, ayam panggang, atau steak berbumbu yang membutuhkan daun aromatik atau rempah kering seperti ini.

Meskipun tersedia dalam bentuk kering, namun ternyata rempah beraroma ini hanya bisa bertahan selama enam bulan saja. Setelah enam bulan, aroma khasnya akan hilang dan rasanya jadi kurang sedap. Nah, Anda perlu tahu bagaimana cara untuk memperpanjang umur simpannya.

  • Simpan rempah ini dalam wadah tertutup dan kedap udara. Kemudian simpan dalam freezer sampai beku.
  • Beri label yang bertuliskan nama rempah tersebut agar tak tertukar dengan rempah lainnya. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya dalam wadah kecil-kecil sekali pakai. Cara ini akan mencegah pembukaan wadah berulang-ulang ketika bumbu ini akan dipakai. Buka-tutup wadah yang berulang akan menciptakan kondensasi (pengembunan) yang menyebabkan rasa serta aroma berkurang.
  • Jika berencana untuk menggunakan secara teratur (atau jika bumbu sering dipakai) maka sebaiknya bumbu tak perlu disimpan dalam freezer, tapi cukup hanya disimpan dalam wadah kedap udara.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s