Karya seni unik dari komponen komputer usang karya Steven Rodrig

Steven Rodrig memang patut diberikan titel pria kreatif, coba saja lihat bagaimana ia mengubah komponen-komponen komputer yang terbengkalai menjadi benda-benda yang indah. Pria berumum 48 tahun ini membuat sepatu, figur laba-laba, kura-kura, toilet bahkan hingga bra hanya dari komponen-komponen komputer.

Setiap benda yang ia buat menghabiskan waktu sekitar 2 minggu hingga 7 bulan untuk dapat benar-benar selesai, termasuk dengan keseluruhan tampilan kota, toilet dan pisang yang setengah terkupas.

Pria yang berasal dari New Jersey ini menggunakan cutter, gergaji, pisau dan kikir untuk merapikan bagian kompyer dan hanya dapat menggunakan bentuk lurus dikarenakan ketidaklenturan material yang digunakan. Ide untuk memanfaatkan benda-benda usang ini terpikirkan saat ia memperhatikan papan sirkut di pabrik tempatnya bekerja dan menyadari bahwa mereka dapat di ubah menjadi sesuatu yang memiliki nilai seni.

“Saya melihat papan sirkuit dan menyadari bahwa itu adalah benda yang indah dan tidak dapat didaur ulang. Saya berpikir sampai pada suatu titik menyadari (benda-benda) ini dapat digunakan menjadi patung 3 dimensi yang menggunakan media yang sangat tidak biasa,” cerita  Rodrig
Rodrig membutuhkan waktu hingga 1 tahun untuk mencoba berbagai macam lem dan peralatan yang tepat untuk membantunya bekerja. “Terkadang anda dapat menggunakan campuran lem dan di kasus yang lain anda hanya membutuhkan obeng dan kacang,” jelasnya.
Rodrig juga menjelaskan ide datang padanya dari hal-hal yang sederhana, misalkan saat itu ia melihat laba-laba di jaringnya, pada saat itu juga ia akan menantang dirinya sendiri untuk membuktikan apakah ia mampu membuat laba-laba dari media yang ada.

componen1

componen5

componen4

componen2

componen3

componen6

Sumber:memobee.com

Diterbitkan di Art

3 komentar di “Karya seni unik dari komponen komputer usang karya Steven Rodrig

Tinggalkan komentar